Kepala Dinas Kesehatan Riau: Kondisi Udara Belum Membahayakan

Jumat, 13 Maret 2015 - 15:14 WIB

DINKES Provinsi Riau mewaspadai perkembangan dampak kabut asap terhadap kesehatan masyarakat.
"Tim kami telah berkoordinasi dengan instansi terkait di kabupaten dan kota," ujar Kepala Dinas Kesehatan Riau Zainal Arifin.

Hanya saja Zainal Arifin mengatakan, saat ini kondisi udara belum tergolong membahayakan. Sehingga dampak kesehatan berupa peningkatan penyakit sebagai imbas peningkatan intensitas asap belum terlihat signifikan.

"Selain melakukan pengawasan, kita juga menunggu laporan dari kabupaten dan kota. Sehingga dapat ditindaklanjuti untuk langkah penanganan secara cepat," jelas Zainal.

Begitu juga untuk intensitas penyakit yang sudah timbul, Zainal menilai belum terlihat lonjakan berarti. Kendati demikian, warga sudah disarankan untuk menggunakan masker saat berada di luar ruangan.

"Jika kondisi udara sudah tidak sehat, masyarakat harus menggunakan masker. Kita juga tentu siap membantu daerah yang memerlukan masker," kata Zainal.

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan salah satu dari beberapa penyakit yang perlu diwaspadai saat kabut asap. Terutama untuk bayi dan balita. "Jadi untuk mengantisipasi agar tidak terkena ISPA, pakailah masker," ujar Zainal. (Tribun Pekanbaru Cetak)

Sumber : TRIBUNPEKANBARU.COM

Kirim Komentar dari Facebook

Komentar dari Account Facebook

View all comments

Tulis Komentar