Dinas Kesehatan Pekanbaru Inspeksi Klinik Ilegal

Senin, 01 Mei 2017 - 15:22 WIB

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru menemukan apotek dan klinik kebidanan ilegal saat melaku­kan ins­peksi mendadak bersama Ba­lai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BB­POM) Pekanbaru di ibukota Pro­vinsi Riau tersebut.

“Kami menemukan satu apotek dan satu klinik yang beroperasi secara ilegal. Bahkan indikasi kuat ada penggunaan obat-obatan yang ber­bahaya,” kata Ke­pala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Helda S Munir, Jumat (21/4).

Temuan tersebut merupa­kan hasil pemantauan yang dilakukan Dinas Kesehatan bersama BBPOM Pekan­baru sejak awal pekan ini.

Ia merincikan apotek yang tidak dilengkapi izin tersebut berada di Jalan Garuda Sakti. Sementara klinik kebidanan ber­lokasi di Jalan Lobak. Ke­dua sarana kesehatan itu di­temukan di Kecamatan Tam­pan.

Menurut Helda, apotek ilegal yang berada di Jalan Garuda Sakti juga diketahui tidak memiliki apoteker yang mengerti dan memahami obat-obatan.

Selain itu, ternyata apotek tersebut juga membuka praktik kecantikan yang dilakukan oleh seorang bidan. “Ini jelas sangat mem­bahayakan karena prak­tik semacam itu harus dilakukan oleh ahli kecantikan," jelas­nya.

Hal mengejutkan lain, petugas menemukan obat-obatan di apotek tersebut yang ternyata tidak memiliki izin edar dari BBPOM atau Dinas Kesehatan. Mayoritas obat-obatan berbahaya itu berasal dari negeri jiran Malaysia. Namun Helda tidak men­jel­askan berapa banyak obat-obatan yang disita tersebut.

Dia mengatakan obat-obatan itu kini berada di bawah pengawasan BBPOM Pekanbaru untuk diuji kan­du­ngannya. Pascatemuan tersebut, tim akan mem­buat laporan resmi ke Kepolisian.

Helda menilai temuan tersebut kemungkinan besar ada unsur pidana sehingga perlu penyelidikan secara men­dalam untuk meng­ung­kap hal tersebut.

“Ini merupakan tindakan tegas mengingat banyaknya sarana kese­hatan yang tum­buh di Kota Pekanbaru. Kami tidak ingin masyarakat menjadi korban,” jelasnya. (Ant)

Kirim Komentar dari Facebook

Komentar dari Account Facebook

View all comments

Tulis Komentar