Tugas Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan

Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan


Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan mempunyai rincian tugas :

  1. Merencanakan dan melaksanakan program kerja Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan petunjuk atasan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. Mempersiapkan penyusunan rencana kerja dengan cara merinci dan menjadwalkan kegiatan yang akan dilaksanakan;
  3. Melaksanakan evaluasi pelaksanaan tugas agar dapat diketahui hasil yang dicapai dan kegiatan yang dilaksanakan telah sesuai dengan rencana kerja dengan cara membuat tolak ukur keberhasilan tugasnya;
  4. Mempersiapkan dan melaksanakan program pembinaan, pengawasan dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan dasar (Perkesmas, Kesehatan Indra, Kesehatan Jiwa, Kesehatan Gigi dan Mulut, Kesehatan Olah Raga) serta rujukan;
  5. Melaksanakan Sistem Pencatatan dan Pelaporan Tingkat Puskesmas (SP2TP) untuk seluruh program pelayanan kesehatan dasar dari UPTD Puskesmas dan jejaringnya;
  6. Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja lainnya;
  7. Melakukan pencatatan dan pelaporan Rumah Sakit dan sarana kesehatan lainnya;
  8. Melaksanakan registrasi, akreditasi, pemprosesan izin untuk tenaga kesehatan dan sarana kesehatan pemerintah dan swasta;
  9. Melaksanakan pengawasan dan peningkatan mutu pelayanan rumah sakit dan sarana kesehatan lainnya;
  10. Melaksanakan pembinaan dan peningkatan mutu klinik, laboratorium, optik, sarana radiologi, klinik, apotik, toko obat dan sarana kesehatan lain;
  11. Menyusun dan melaksanakan norma, standar, pedoman dan petunjuk operasional bidang pelayanan kesehatan dasar dan rujukan;
  12. Membagi tugas kepada bawahan dengan cara disposisi atau secara lisan agar bawahan mengetahui tugas dan tanggung jawab masing-masing;
  13. Memberi petunjuk kepada bawahan dengan cara tertulis atau secara lisan agar pelaksanaan tugas efisien dan efektif;
  14. Mengatur pelaksanaan tugas berdasarkan prioritas agar tugas dapat diselesaikan sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan;
  15. Memfasilitasi tugas dengan cara konsultasi, kunjungan kerja, sosialisasi dan bimbingan teknis;
  16. Mengevaluasi tugas berdasarkan informasi, data, laporan yang diterima untuk bahan penyempurnaan pelaksanaan tugas lebih lanjut;
  17. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada atasan secara lisan maupun tertulis;
  18. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan dalam melaksanakan rincian tugas sebagaimana dimaksud adalah menyelenggarakan fungsi :

  1. Perencanaan dan pelaksanaan program kerja;
  2. Perumusan dan pelaksanaan tugas;
  3. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi;
  4. Pengumpulan, pengolahan dan penyajian data;
  5. Penyusunan dan pelaksanaan norma, standar, pedoman dan petunjuk operasional;
  6. Pengkoordinasian dan fasilitasi;
  7. Pembagian tugas dan pemberian petunjuk;
  8. Pemeriksaan pekerjaan;
  9. Pengevaluasian tugas;
  10. Pelaporan pelaksanaan tugas;
  11. Pelaksanaan tugas-tugas lain.
Kirim Komentar dari Facebook

Komentar dari Account Facebook

View all comments

Tulis Komentar